Photo Via Shutterstock by: Kindlena

Jelaskan pengertian napza dan sebutkan jenis-jenisnya?

Jelaskan pengertian napza dan sebutkan jenis-jenisnya?

Pengertian Napza atau narkoba adalah obat-obatan atau zat-zat berbahaya yang dapat  mengubah pikiran, suasana hati, atau perasaan dan perilaku seseorang apabila obat-obatan tersebut dimasukkan ke dalam tubuh seseorang dengan cara disuntikkan atau dihirup.

Napza (narkoba) merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif atau zat berbahaya lainnya.

Sedangkan menurut WHO, napza atau narkoba adalah semua zat kecuali makanan, air atau oksigen yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat mengubah fungsi tubuh secara fisik dan atau psikologis.

Pembahasan

Pengertian narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan.

Pengertian psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan  narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Pengertian zat adiktif lainnya atau obat berbahaya adalah bahan lain dan obat bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan.

Jenis-jenis Napza yaitu

1. Narkotika Golongan I, yaitu zat atau obat yang berpotensi sangat tinggi menimbulkan ketergantungan.

Pada jenis opiat: morfin, herion/putauw, petidin, candu.

Pada jenis ganja: kanabis, marijhuana, hashis.

Pada jenis kokain: serbuk kokain, pasta kokain, daun koka.

2. Narkotika Golongan II, yaitu zat atau bahan yang merupakan bahan baku untuk produksi obat tetapi dapat menimbulkan ketergantungan tinggi, dan digunakan sebagai pengobatan sebagai opsi terakhir.

Contoh: petidin, morphin, fentanil atau metadon.

3. Narkotika Golongan III, yaitu zat atau bahan yang hanya digunakan untuk rehabilitasi, menimbulkan ketergantungan yang berpotensi ringan.

BACA JUGA  Sebutkan manfaat globalisasi ?

Contoh: kodein, difenoksilat.

 

————————————–

Detil Jawaban

Kelas: X

Mapel: Penjasorkes

Bab: Narkoba (Bab 10)

Kode: 10.22.10

Kata kunci: pengertian napza, pengertian narkoba, napza adalah, jenis-jenis napza