Photo Via Shutterstock by: Kindlena

Jelaskan pengertian perdagangan internasional !

Jelaskan pengertian perdagangan internasional !

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh suatu negara untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya dan juga untuk meningkatkan pendapatan negara adalah dengan melakukan perdagangan internasional. Pengertian dari perdagangan internasional adalah jenis kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh pelaku ekonomi di dalam negeri dengan pelaku ekonomi di luar negeri dengan asas kesepakatan dan persetujuan bersama.

 

Pembahasan

Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar suatu barang atau jasa yang dilakukan atas dasar kesepakatan bersama. Pada dasarnya, kegiatan perdagangan adalah kegiatan yang menguntungkan karena bisa meningkatkan keuntungan dan juga untuk memenuhi kebutuhan seseorang. Salah satu jenis dari kegiatan perdagangan yang umum terjadi adalah perdagangan internasional. Sesuai dengan namanya, ruang lingkup atau cakupan wilayah dari perdagangan internasional adalah antarnegara.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional:

  • Keinginan memenuhi kebutuhan: setiap negara memiliki keterbatasannya masing-masing dan keterbatasan inilah yang akan mendorong suatun negara untuk melakukan perdagangan dengan negara lain dengan tujuan mendapatkan barang atau jasa yang tidak ada di negaranya.
  • Mencegah inflasi: adanya kenaikan harga di suatu negara karena kelangkaan akan mendorong suatu negara untuk mendatangkan barang dari luar negeri sehingga bisa menciptakan kestabilan pada harga barang dalam negeri.
  • Keinginan untuk mendapatkan keuntungan: adanya keunggulan yang dimiliki oleh suatu negara akan mendorong negara tersebut untuk menawarkan keunggulan tersebut ke negara lain.

 

 

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS

Bab: 7 – Perdagangan Internasional

Kode: 9.10.7

BACA JUGA  Lbn adalah lembaga negara yang mengurusi di bidang