Jelaskan Sesuai Pengetahuanmu Dua Manfaat Orang Yang Berpuasa

Jelaskan Sesuai Pengetahuanmu Dua Manfaat Orang Yang Berpuasa…..

Puasa adalah menahan lapar dan haus sesuai dengan syariat yang dicontohkan oleh Rasulullah. Manfaat orangyang berpuasa antara lain adalah mewujudkan takwa dalam diri dan membuat orang yang berpuasa menjadi sehat.

PEMBAHASAN

Puasa merupakan salah satu  rukun islam, yang artinya seorang yang mengaku islam maka wajib melakukan puasa di bulan Ramadhan. Hukum puasa Ramadhan sama halnya dengan sholat 5 waktu, yaitu fardhu. Sedangkan puasa juga merupakan sunnah Rasulullah, da berbagai macam puasa sunnah yang dilakukan Rasulullah yang juga besar fadhilahnya.

Perlu kita ketahui bahwa setiap perintah ALLAH pasti adalah manfaatnya bagi diri kita bai kdidunia maupun di akhirat, begitupun puasa Ramadhan. Berikut manfaat puasa berdasarkan dalil dari Al Quran dan hadist.

1. Pahala yang melimpah

Rasulullah bersabda “Puasa itu adalah perisai. Oleh karena itu, jika salah seorang di antara kalian berpuasa, maka janganlah dia berkata-kata kotor dan tidak juga berlaku bodoh. Jika ada orang yang memerangi atau mencacinya, maka hendaklah dia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa’ (sebanyak dua kali). Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada aroma minyak kesturi, di mana dia meninggalkan makanan, minuman, dan nafsu syahwatnya karena Aku (Allah). Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan pahala karenanya dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR Abu Hurairah)

2. Diampuni dosanya

Rasulullah bersabda “Barangsiapa bangun pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diberikan ampunan kepadanya atas dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala maka akan diberikan ampunan kepadanya atas dosanya yang telah lalu.’ (HR Abu Hurairah)

BACA JUGA  Berikut yang bukan makna Pembukaan UUD 1945 alinea keempat adalah?

3. Dikabulkan doanya

Rasulullah bersabda “Ada tiga orang yang tidak ditolak do’a mereka: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan do’anya orang yang teraniaya. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majjah)

4. Mewujudkan takwa dalam diri

ALLAH berfirman “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Al Baqarah ayat 183). Takwa ini termasuk didalamnya melatih kesabaran, menahan hawa nafsu dan melatih diri untuk menghindari dosa.

Berbagai macam fadhilah kesehatan , dari hasil penelitian barubaru ini berpuasa sebulan penuh dapat menjadi sarana detoksifikasi badan, mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan membantu tubuh bekerja lebih maksimal .

DETAIL JAWABAN

Kelas : VIII

Pelajaran : Agama

Kategori :  Bab 7 – Puasa

Kata Kunci : manfaat puasa Ramadhan