Rekomendasi Aplikasi Text to Speech Indonesia Tahun 2022

Rekomendasi Aplikasi Text to Speech Indonesia Tahun 2022 – Aplikasi text-to-speech menjadi perdebatan hangat di kalangan pengguna media sosial. Teknik ini digunakan oleh orang-orang untuk menciptakan banyak suara unik dengan kepribadian yang berbeda. Suara-suara ini kemudian digunakan sebagai pengganti nada dering telepon atau nada teks.

Teknologi ini mungkin tampak aneh bagi sebagian orang. Namun, teknologi text-to-speech telah banyak digunakan oleh aktivis media sosial atau bahkan pembuat konten. Pertanyaannya adalah: Apa teknik sintesis pidato? Bagaimana itu bekerja? Dan berapa banyak aplikasi berbasis pidato yang dapat digunakan setiap hari? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu Text to Speech?

Text to speech dapat diartikan sebagai teknologi dengan sistem untuk secara otomatis mengubah teks menjadi suara dalam bentuk format MP3. Teknologi ini biasanya bekerja pada perangkat seperti smartphone dengan koneksi internet yang stabil.

Text-to-speech tidak bisa begitu saja menghasilkan suara manusia secara alami. Tetapi juga dapat meniru suara karakter yang berbeda seperti anime, kartun, dan bahkan dalam bahasa yang berbeda. Pada artikel ini, kita hanya membahas sintesa tuturan bahasa Indonesia dengan varian formal. Untuk membuat suara yang lebih unik, kunjungi artikel sebelumnya tentang membuat suara Google.

TTS secara umum dibagi menjadi dua bagian, yaitu analisis teks dan sintesis ucapan. Menganalisis teks akan mengubah tulisan menjadi representasi linguistik. Di sisi lain, sintesis ucapan memiliki tugas mengubah representasi linguistik menjadi kata-kata atau sinyal suara.

Pemanfaatan Text to Speech Untuk Berbagai Macam Kebutuhan

Teknologi text-to-speech dapat digunakan di berbagai industri. Berikut beberapa contohnya:

1. Content Creator

Fitur text-to-speech dapat digunakan oleh pembuat konten atau pembuat konten. Mereka menggunakan teknologi ini untuk sulih suara, narator konten, atau berbagai konten dubbing lainnya.

2. Pengumuman Fasilitas Publik

Text-to-speech juga dapat digunakan untuk menginformasikan berbagai pengumuman publik atau panggilan di fasilitas umum. Misalnya dalam penggunaan lalu lintas.

3. Perbankan

Pemanfaatan text to speech digunakan di industri perbankan sebagai pengingat tagihan pelanggan.

4. Audiobook

Text-to-speech juga dapat mengotomatiskan pembacaan buku audio. Hasil yang didapat sama bagus dan alaminya seperti pada manusia.

5. Alat Bantu Disabilitas

Selain itu, fitur text-to-speech juga digunakan untuk kebutuhan sosial, seperti membantu penyandang tunanetra.

5 Aplikasi Text to Speech Terbaik (versi Gratis dan Premium)

Setelah mengetahui pengertian dan berbagai pengertian dasar sintesa ucapan, kini saatnya membahas berbagai aplikasi sintesa ucapan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi text-to-speech telah diimplementasikan dalam berbagai cara yang tersedia secara gratis dan berbayar. Berikut adalah 10 synthesizer ucapan bahasa Indonesia gratis dan berkualitas tinggi dengan suara bahasa Indonesia terbaik:

BACA JUGA  Linktree Meluncurkan Aplikasi Baru, Yang Memberikan Pengalaman Pengguna Yang Lebih Baik

1. Sound of Text

Sound of Text adalah situs web untuk mengonversi dan mengunduh suara dari Google Terjemahan ke format MP3. Situs ini terbuka untuk umum secara gratis. Untuk menggunakan Sound of Text:

  1. Buka browser di ponsel kamu lalu ketik https://soundoftext.com/
  2. Pada kolom Text masukkan teks yang kamu inginkan.
  3. Pilih bahasa pada kolom Voice, misalnya bahasa Indonesia.
  4. Klik Play untuk memutar hasil atau Download untuk langsung mengunduh nada dering dengan format MP3.
  5. Selesai, file MP3 otomatis tersimpan di ponsel.

2. Voice of Text

Sama halnya seperti sound of text, voice of text adalah situs web yang dapat mengubah teks menjadi suara google di berbagai negara. Ia bahkan dapat menghasilkan entri Google Jawa dan Sunda dari pengetikan. Text Voice juga menghasilkan audio dalam format MP3 dan dapat diakses secara bebas. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menggunakan Voice of Text:

  1. Buka browser dan ketik https://www.voiceoftext.com/
  2. Pilih Text-to-speech-conversion.
  3. Pilih bahasa yang kamu inginkan di menu Voice.
  4. Pada kolom Text to Speech masukkan teks yang kamu inginkan.
  5. Klik Convert to Voice dan download file suara dengan format MP3.
  6. Selesai. File suara Google sudah ada di ponsel kamu.

3. Voice Maker

Voice Maker adalah situs web text-to-speech yang menggunakan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Cara menggunakan Pembuat Suara:

  1. Buka situs voice maker di ponsel dengan ketik https://voicemaker.in/
  2. Siapkan teks yang ingin diubah menjadi suara
  3. Atur bahasa dan engine text to speech sesuai keinginan
  4. konversi suara dan download audio dalam format MP3
Yang membuat Voice Maker ini unik adalah fungsi TTS dan pengaturan efek alami yang dapat membuat bayi dan balita bermain.

4. Botika Text to Speech

Botika tts adalah situs web konverter teks ke suara yang dapat Anda gunakan untuk nada dering telepon dan whatsapp. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs botika di ponsel dengan ketik https://botika.online/texttospeech/
  2. tuliskan teks yang kamu inginkan
  3. Klik Putar untuk mendengar hasil suara
  4. Download audio dalam format MP3

5. Freetts Ubah Teks ke Suara Google Gratis

Freetts adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengubah teks menjadi suara. Cara menggunakan freetts adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs freetts di ponsel dengan ketik https://freetts.com/
  2. Klik Start Text to Speech Free
  3. Atur bahasa yang ingin kamu gunakan pada Choose Language
  4. Pilih Voice Style yang diinginkan
  5.  Masukkan teks yang kamu inginkan.
  6. Klik Convert untuk mengkonversi tulisan
  7. Kamu bisa putar hasil suara dan download audio
Karena semua fitur tersedia secara gratis, banyak yang menggunakan nada dering FreeTTS ini untuk WhatsApp.
Sekian artikel kami tentang “Rekomendasi Aplikasi Text to Speech Indonesia Tahun 2022”, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda.