Cara Investasi Saham Online Untuk Investor Pemula

Cara Investasi Saham Online Untuk Investor Pemula – Berinvestasi saham online pada saat ini membuat perdagangan menjadi mudah bagi semua orang: Anda cukup berdagang saham di rumah, dengan dukungan smartphone atau laptop/komputer yang terhubung dengan internet.

Investasi saham online tampaknya menjadi tren di kalangan milenial, yang lebih aktif menggunakan smartphone dalam bisnis mereka. Meski risikonya agak tinggi (high risk), peminatnya semakin banyak karena mereka yakin Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat dengan investasi saham online ini.

Cara Investasi Saham Online Untuk Pemula

Memulai investasi saham secara online tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya dengan modal awal Rp 100.000 Anda sudah bisa mulai membeli saham. Ini sangat cocok untuk pemula yang ingin membeli saham secara langsung, namun alangkah baiknya jika mengetahui tips dan trik berinvestasi saham secara online dengan mudah:

1. Pahami Ilmu Dasar Tentang Saham

Sebelum terjun ke dunia investasi saham online, ada baiknya Anda memahami dasar-dasar investasi saham, mulai dari apa itu saham, cara menganalisanya, dan cara tradingnya.

Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang nilainya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jadi berinvestasi saham berarti membeli saham suatu perusahaan sehingga Anda benar-benar menjadi salah satu pemilik perusahaan setelah Anda membeli saham tersebut dan Anda bisa mendapatkan dividen atau berbagi keuntungan dari perusahaan tersebut.

2. Buka Rekening Saham di Sekuritas

Anda tidak dapat melakukan transaksi jual atau beli saham kecuali Anda memiliki rekening di sekuritas, sehingga Anda harus terlebih dahulu membuat rekening efek/efek di perusahaan efek dan pastikan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Lakukan Analisis Sebelum Transaksi

Setelah memahami konsep dasar atau pola pikir berinvestasi saham. Jelas, langkah selanjutnya yang ingin Anda ambil adalah mulai berinvestasi dengan membeli saham yang ada. Namun, calon investor saham seringkali bingung memilih saham mana yang akan dibeli.

Metode penentuan saham mana yang akan dibeli adalah analisis saham. Teknik analisis dasar dapat berarti mengevaluasi perusahaan berdasarkan berbagai faktor seperti Kinerja perusahaan, analisis persaingan industri, posisi keuangan perusahaan, analisis ekonomi pasar makro dan mikro. Teknik analisis fundamental biasanya digunakan untuk investasi jangka panjang.

Teknik analisis selanjutnya adalah analisis teknikal, yang berarti mempelajari data pasar masa lalu, khususnya arah pergerakan harga dan volume saham, kemudian memprediksi pergerakan grafik harga saham selanjutnya, biasanya menggunakan berbagai indikator. Analisis teknikal ini biasanya digunakan dalam jangka pendek, misalnya saat trading scalping.

BACA JUGA  Cara Berinvestasi Untuk Pelajar di Usia Muda Tahun 2022

Biasanya, investor saham pemula bingung ketika harus menganalisis fundamental atau tekniknya. Dengan demikian, tidak jarang investor pemula mengambil tebakan atau spekulasi saat mengambil keputusan untuk membeli atau menjual. Untuk menghindari aktivitas spekulatif ini, salah satu caranya adalah dengan melihat rekomendasi dari seorang analis saham.

Namun, setiap rekomendasi yang dibuat harus dipertimbangkan oleh investor karena keputusan untuk membeli atau menjual saham sepenuhnya menjadi tanggung jawab investor.

4. Investasi di Sekuritas Terpercaya

Investasi pada safe stock harus dilakukan melalui surat berharga yang terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, jual beli saham yang kami lakukan sesuai dengan aturan pasar modal di Indonesia dan dilindungi secara hukum. Semua catatan properti investor disimpan dalam bentuk data elektronik dengan PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) merupakan satu-satunya lembaga penyimpanan dan penyelesaian (LPP) di pasar modal Indonesia.

Bukti kepemilikan saham dulu disebut sertifikat saham dalam bentuk sertifikat kertas fisik, namun di era digital semua bentuk kepemilikan saham berupa email yang dikirim melalui pos tercatat.

Salah satu tanda bahwa Anda telah resmi menjadi investor atau pemilik bisnis adalah Anda akan menerima surat undangan menghadiri Sidang Umum (RUPS) yang dikirimkan ke alamat email investor.

Salah satu cara membuka rekening investasi saham terpercaya secara online adalah melalui aplikasi Shares of the People milik Samuel Sekuritas yang terdaftar di BEI dan diawasi oleh OJK. Seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui aplikasi saham populer dan tidak ada saldo minimum. Proses penambahan reksa dana akan ditransfer ke rekening reksa dana yang akan menjadi rekening bank yang dipilih oleh klien dan saldo tidak akan berkurang kecuali digunakan untuk membeli saham.

5. Transaksi Saham

Tren pasar, volatilitas pergerakan IHSG, profil perusahaan, tingkat likuiditas perusahaan, laba atas investasi pemegang saham dan pertumbuhan laba per saham merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli saham. Waktu terbaik untuk mengambil untung/menjual saham adalah saat harga saham sedang naik.

6. Pelajari Strategi Investasi Saham

Ini adalah faktor yang membawa Anda dari ratusan hingga ribuan persen dari keuntungan. Banyak pakar saham sekarang membagikan strategi mereka ketika mereka ingin mulai membeli dan menjual saham dan kami dapat menggunakannya secara gratis untuk mengikuti strategi.

Sekian artikel dari kami tentang “Cara Investasi Saham Online Untuk Investor Pemula”, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda, terima kasih.