Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Dengan Aman

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Dengan Aman – Lock screen atau Kunci layar sudah menjadi salah satu fitur unggulan ponsel dan tidak terkecuali smartphone Samsung. Sayangnya, fitur lock screen tidak serta merta melindungi ponsel dari orang lain yang ingin mengetahui aplikasi rahasia di ponsel. Terkadang kita perlu menyembunyikan banyak aplikasi dari laci aplikasi operator seluler kita sehingga tidak dapat langsung ditemukan dan digunakan sembarangan oleh orang lain.

Peluncur default pada ponsel Samsung sangat membantu saya dalam hal itu. Samsung Experience Home dan One UI Home keduanya mendukung opsi untuk menyembunyikan aplikasi dari pengaturannya.

Salah satu hal yang saya sukai dari fitur ini adalah tidak perlu menginstal aplikasi tambahan atau menggunakan peluncur pihak ketiga yang terkadang terbukti tidak aman, sehingga membuat kita lebih tenang saat perlu menggunakannya.

Anda yang menggunakan salah satu ponsel buatan Samsung juga dapat mencoba fitur ini jika Anda memiliki masalah atau preferensi yang sama seperti saya. Namun jika masih belum bisa, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Samsung tanpa aplikasi

Sebelum menginstal aplikasi pihak ketiga, Anda harus tahu bahwa Samsung juga memiliki fitur penyembunyian aplikasi bawaan. Fitur ini tidak menggunakan aplikasi tambahan apa pun, cukup gulir melalui pengaturan. Juga mudah untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung tanpa aplikasi ini. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka layar utama (Home screen)
  2. Cubit atau tekan selama beberapa detik bagian kosong pada layar
  3. Setelah muncul menu pengaturan tampilan, ketuk opsi Home screen settings
  4. Masuk ke menu Hide apps
  5. Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan
  6. Ketuk tombol Done atau Apply sesuai apa yang muncul

Aplikasi yang dipilih akan disembunyikan secara otomatis. Kami dapat mengembalikannya ke Samsung Experience Home atau laci aplikasi One UI Home dengan mengulangi langkah-langkah yang mirip dengan metode di atas.

2. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung dengan Secure Folder

Cara kedua untuk melakukannya adalah dengan menggunakan fitur bawaan telepon Anda yang disebut Folder Aman. Fitur ini memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi yang diinstal seolah-olah tidak ada di ponsel Anda.

BACA JUGA  Cara Lock Hidden Album di iPhone dengan iOS 16

Secure Folder bisa digunakan oleh pengguna smartphone dengan Android versi 9.0 ke atas ya. Karena ini adalah aplikasi default, kemungkinan besar lebih aman dari serangan virus atau kehilangan data.

Nah, berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung menggunakan fitur Secure Folder:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’
  2. Cari dan klik opsi ‘Lock Screen & Security’
  3. Pilih menu ‘Secure Folder’
  4. Ikuti tahapannya dengan klik ‘Next’
  5. Mulai pengaturan dengan klik tombol ‘Start’
  6. Isi formulir keamanan menggunakan Samsung account yang telah terdaftar. Jika belum punya, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu
  7. Pilih metode keamanan untuk membuka layanan. Tersedia password angka, pattern, PIN, hingga irish scanner apabila gadget-mu mendukung
  8. Kembali ke app drawer atau home screen
  9. Buka aplikasi ‘Secure Folder’
  10. Klik opsi ‘Add Apps’
  11. Pilih aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan
  12. Klik tombol ‘Add’ untuk memasukkan aplikasi ke daftar aplikasi yang disembunyikan.

3. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung dengan aplikasi pihak ketiga

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung terakhir yakni memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini cara memakai aplikasi NOVA Launcher sebagai aplikasi pihak ketiga:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Nova Launcher di HP Samsung
  2. Buka aplikasi yang sudah terpasang dengan sempurna
  3. Tekan lama pada layar beranda
  4. Setelah muncul, pilih opsi ‘Settings’
  5. Pilih menu ‘App Drawer’
  6. Gulir ke bawah dan temukan opsi ‘Hide Apps’
  7. Masuk ke jendela Hide Apps, kamu akan mendapati semua aplikasi yang terpasang di ponselmu. Untuk menyembunyikannya, cukup centang pada aplikasinya. Selesai.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Disembunyikan

  1. Buka kembali halaman Hide apps melalui menu Home screen settings seperti langkah sebelumnya
  2. Pilih aplikasi yang ingin dikembalikan ke apps drawer
  3. Setelah selesai memilih, tekan tombol Done atau Apply

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi yang sebelumnya tersembunyi akan dikembalikan ke laci aplikasi. Kami juga dapat menggunakan Layanan dan fitur di dalamnya seperti biasa.

Sayangnya, menu “Sembunyikan aplikasi” di pengaturan layar beranda ponsel Samsung tidak mendukung fungsi kunci. Jadi, jika Anda ingin menyembunyikan dan melindungi aplikasi, kita perlu menggabungkan fitur ini dengan menu yang disebut Secure Folder.

Sekian artikel dari kami Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Dengan Aman, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua, terima kasih.