Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah Atau Buram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Fitur utama yang menjadi landasan Instagram adalah berbagi video dan foto antar pengguna dalam kualitas HD.

Pengguna juga mendapatkan fitur pengeditan untuk membuat efek dan menyesuaikan warna dan cahaya saat mengunggah foto atau gambar.

Meskipun demikian, banyak pengguna yang mengeluhkan hasil foto yang pecah saat diunggah ke Instagram. Hal ini sering dilakukan untuk mengaburkan gambar atau image.

Dengan hasil unggahan foto dan gambar yang rusak di Instagram, banyak pengguna yang kesal, padahal foto tersebut terlihat bagus di galeri ponsel. Akibatnya, foto yang diunggah menjadi tidak menarik karena buram.

Terutama bagi yang berjualan online dan menggunakan Instagram untuk katalog produk. Namun, ada alasan untuk masalah semacam ini. Sebagian besar pengguna tidak menyadari hal-hal yang membuat posting mereka tidak sesuai dengan harapan mereka.

Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah Atau Buram

Berdasarkan sebab dan akibat yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa cara agar foto tidak pecah saat diunggah ke Instagram.

Apa yang sudah kami cek di bawah ini bisa menjadi referensi Anda saat mengunggah foto ke akun Instagram pribadi Anda, simak penjelasannya:

1. Ubah Resolusi Foto Sesuai Standar Instagram

Ada tiga format tata letak dasar di Instagram, yaitu persegi, vertikal, dan horizontal. Resolusi gambar menghasilkan kualitas visual yang jernih.

Untuk mendapatkan resolusi yang tepat untuk menghindari masalah gambar tidak pecah saat diupload ke Instagram, yaitu:

  • Tata letak pertama dengan format persegi (kotak). Ini memiliki rasio aspek 1:1 dengan size resolusi paling baik iyalah 1080 x 1080 piksel.
  • Kedua tata letak adalah potret (tegak). Ini memiliki rasio aspek 4: 5 dengan resolusi terbaik 1080 x 1350 piksel.
  • Tata letak ketiga adalah lanskap (menyamping). Ini memiliki rasio aspek 1,91: 1 dengan resolusi 1080 x 608 piksel.

2. Mengubah Pengaturan Unggah Instagram

Cara kedua Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah adalah Mengubah Pengaturan Unggah Instagram. Untuk menghindari foto pecah atau rusak saat mengunggah ke Instagram, Anda perlu mengubah pengaturan kualitas unggah Instagram. Caranya buka aplikasi Instagram lalu masuk ke Settings. Temukan menu Kualitas Unduhan dan atur ke normal.

3. Gunakan Aplikasi Editor Foto

Untuk mengedit foto dengan resolusi yang cocok untuk Instagram, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto jika sudah mengetahui cara mengatur kualitas dan resolusi gambar yang disarankan.

Atau Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop jika Anda menggunakan laptop atau komputer. Untuk ponsel, Anda dapat menggunakan aplikasi gratis seperti Adobe Photoshop Mobile, PicSay, PicsArt, dan lainnya.

4. Pastikan Sinyal Internet Normal

Pada dasarnya, foto yang macet saat diunggah ke media sosial IG/Instagram disebabkan oleh sinyal internet yang lambat. Jadi pastikan sinyal internet lancar dan kualitas internet lebih baik.

Itulah beberapa cara upload foto agar tidak pecah di Instagram. Anda dapat menggunakan beberapa tips di atas untuk mencegah foto yang diunggah di Instagram agar tidak mogok.

Penyebab Foto Pecah Saat Upload di Instagram

Tidak jarang foto yang diupload ke IG hasilnya rusak dan tidak terlihat bagus. Hal tersebut sangat perlu kita hindari agar foto terlihat bagus di akun IG Anda.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami beberapa hal:

1. Resolusi Gambar/Foto Rendah

Saat Anda memposting foto di Instagram, resolusi foto berkurang. Ini karena gambar dikompresi secara otomatis selama proses unggah.

Jadi coba unggah gambar resolusi tinggi Anda dan jika dikompresi secara otomatis saat Anda mengunggahnya, jangan retak dulu. Karena gambar sudah memiliki resolusi yang bagus!

2. Jaringan Tak Stabil

Ternyata mention menjadi salah satu penyebab pecahnya foto saat diunggah ke Instagram. Ternyata itu adalah sinyal atau jaringan yang dapat mempengaruhi rendahnya kualitas foto.

Ternyata sangat mengesankan! Ini terjadi karena internet Anda tidak bekerja dengan baik dan dengan demikian kualitas gambar akan menurun secara otomatis. Jadi periksa dulu kualitas internet yang Anda gunakan!

BACA JUGA  Bingung iPhone-mu Tak Dapat Terhubung ke Wifi, Berikut Cara Memperbaiki iPhone Yang Tak Dapat Terhubung ke WiFi

3. Pengaturan Kamera Di Ponsel

Jika pengaturan kamera ponsel Anda menggunakan pemrosesan gambar berkualitas tinggi atau gambar dengan efisiensi tinggi, resolusi gambar akan dikurangi secara otomatis. Jadi coba atur ulang kamera ponsel Anda

4. Ukuran Foto Salah

Setiap orang selalu menggunakan ukuran gambar yang berbeda, dan itu tergantung pada resolusi kamera. Biasanya, semakin kecil ukuran gambar, semakin buruk kualitas gambar saat diposting.

Di sisi lain, jika kualitas gambar terlalu tinggi, gambar akan dikompresi, sehingga buram. Untuk alasan ini, ukuran gambar dapat menyebabkan kerusakan gambar saat diunggah ke Instagram.

Cara Mengatur Kualitas Unggahan di Instagram dengan Benar

Kemudian, Anda juga harus bisa mengatur beberapa cara untuk mengatur kualitas unggahan Instagram yang benar agar unggahan Anda tidak buram atau buram.

Beberapa pengaturan kualitas unggahan ini bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk “membuat” beberapa foto yang akan Anda unggah ke akun media sosial Instagram Anda.

Faktanya, file gambar yang Anda unggah ke Instagram Anda “dikompresi” yang berarti ukuran dan grafik diubah saat Anda mengunggah foto ke Instagram.

Siapa yang melakukan tekanan ini? Nah, Instagram memampatkan file gambar Anda agar server mereka tidak cepat penuh. Dengan cara ini penggunaan bandwidth tidak terlalu besar!

Misal file anda berukuran 5MB, jika ingin mengupload gambar hanya akan dikompresi menjadi 500KB. Tentu saja kualitas foto yang Anda unggah ke Instagram akan berubah!

Nah, kali ini kita akan melihat bagaimana cara mengatur kualitas upload Instagram yang tepat agar postingan kamu terlihat bagus banget.

Simak beberapa penjelasan berikut ini:

1. Pengaturan Kualitas Unggah Instagram di Android dan iPhone

Hal pertama yang Anda lakukan adalah mencoba melakukan Pengaturan Kualitas Unggah Instagram di perangkat Anda.

Baik pengguna Android maupun pengguna iPhone. Berikut adalah Pengaturan Kualitas Unggah Instagram di Android dan iPhone:

  • Silakan masuk ke Instagram
  • lalu pilih tab profil,
  • pilih Pengaturan > Akun > Penggunaan Data Seluler > Media Resolusi Tinggi.
  • Nah, pada opsi ini silahkan atur ke Cellular + WiFi agar file yang diupload dan dilihat bisa lebih maksimal.

Dengan cara ini, kualitas foto Anda akan lebih baik. Kamu bisa mencoba cara ini, ya!

2. Perhatikan Resolusi Gambar

Pada langkah selanjutnya, Anda harus memperhatikan resolusi gambar yang ingin Anda unggah.

Perlu diperhatikan bahwa resolusi gambar terkecil 1600 x 1200 atau 1024 x 1024 persegi dapat mencapai resolusi ini pada smartphone dengan kamera minimal 2 megapiksel.

Perhatikan keputusannya! Untuk ukuran ini adalah persyaratan minimum. Jika Anda melihat versi terbaru dari smartphone, Anda akan menemukan bahwa resolusinya jauh lebih tinggi.

Saat ini sudah bisa menghasilkan resolusi antara 10MP hingga 20MP yang tentunya cukup besar untuk ukuran sebuah smartphone.

3. Gunakan Aplikasi Pengeditan Foto

Selain kedua hal tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk memperbesar foto yang kamu unggah.

Untuk komputer desktop bisa menggunakan Adobe Photoshop sedangkan Android dan iOS sudah banyak aplikasi edit foto yang bisa digunakan saat ini.

4. Silakan Atur Kamera Ponsel/Smartphone Anda

Smartphone terbaru sudah memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan. Nah, untuk mengambil gambar yang bagus, Anda bisa menggunakan fitur ini.

Misalnya, ia menggunakan fitur seperti tanda air, tanggal, fokus, pengubahan ukuran, dan bahkan beberapa opsi kualitas gambar yang dihasilkan kamera untuk membuatnya jelas dan berkualitas tinggi.

Saat mengambil foto, pastikan kualitas fotonya tinggi. Ini memengaruhi foto yang Anda ambil saat memotret.

5. Gunakan Kamera DSLR

Selain menggunakan kamera smartphone, Anda juga bisa menggunakan kamera DSLR. Ada banyak jenis kamera DSLR dengan kualitas yang sangat bagus.

Menggunakan kamera DSLR ini tidak akan mengecewakan Anda! Kecuali Anda sangat ahli dengan kamera. Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda lakukan!

Misalnya, seperti menciptakan bokeh, saturasi, kontras, dan eksposur, elemen-elemen ini dapat secara instan membuat foto seseorang terlihat bagus.

Akhir Kata

Begitulah Cara upload foto ke instagram agar tidak pecah atau buram (Feed, Story, Reels). Kami berharap, dengan membaca artikel di atas, Anda tahu cara membuat Instagram Anda cantik dan indah.

Semoga apa yang telah kami bagikan kali ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa simak artikel Kitabisatekno karena kami hadir untuk berbagi informasi yang anda butuhkan.