Inilah Cara Membuka Akun Google Yang Terkunci

Jangan panik, kami ada cara membuka akun Google yang terkunci. Sepertinya akun Google sudah menjadi akun wajib bagi setiap pengguna smartphone Android di seluruh dunia. Ada juga pengguna iOS yang menambahkan akun Google ke perangkat mereka untuk navigasi yang mudah. Kemudian, di sini akun Google yang terdaftar dikaitkan dengan semua fitur login seluler, terutama untuk pengguna Android.

Ponsel yang login ke akun Google tentunya dapat menggunakan banyak fungsi Google secara gratis. Ada Google Workspace, dan Google Students yang memiliki banyak aplikasi tambahan seperti Google Drive, Gmail, Google Docs, Goodle Slides, Google Maps dan masih banyak lagi.

Namun, beberapa kesalahan sederhana yang terkadang dapat menyebabkan akun Google Anda terkunci. Sebelum kita membahas cara membuka akun Google yang terkunci, penting untuk memahami terlebih dahulu mengapa akun Anda ditangguhkan.

3 Faktor Penyebab Akun Google Terkunci

Akun Google yang terkunci biasanya disebabkan oleh banyak faktor dan biasanya dikaitkan dengan kesalahan manusia yang juga dikenal sebagai kesalahan pengguna. Berikut adalah beberapa kesalahan yang mungkin Anda temui yang mencegah Anda masuk ke akun Google Anda.

1. Lupa kata sandi

Ini dikenal sebagai kesalahan paling umum, terutama jika Anda sering keluar dari akun karena alasan keamanan. Nah, jika Anda lupa password beberapa kali setelah mencoba login kembali ke akun Anda, maka secara otomatis Google akan memblokirnya karena tindakan Anda akan dianggap mencurigakan.

Di sisi lain, di sini Google mencoba melindungi Anda dari tindakan jahat seperti peretas yang meretas akun Anda sepenuhnya.

2. Aktivitas akun yang mencurigakan

Aktivitas mencurigakan yang dicari Google adalah perangkat lain yang masuk dengan alamat email dan kata sandi Anda. Google biasanya mengirim email kepada Anda sehingga Anda tidak merasa ditinggalkan.

Ya, jika Anda memiliki kekhawatiran tentang peretasan, Google akan mengunci akun Anda untuk alasan keamanan.

3. Ponsel hilang

Dan yang terakhir adalah HP atau ponsel anda hilang. Jika Anda melaporkan bahwa ponsel Anda hilang, Google akan segera membantu Anda mengunci akun Anda, sehingga akun Google Anda terkunci untuk alasan keamanan dan orang lain tidak dapat menggunakannya. Harapannya jika ponsel Anda ditemukan oleh orang lain, tidak akan ada kehilangan data.

Cara Membuka Akun Google yang Terkunci

Sekarang Anda tahu aktivitas apa yang bisa Anda blokir akun Google secara otomatis, ya. Pertanyaan lanjutan: Apakah ada cara untuk membuka kembali akun yang ditutup? Pasti ada!

Berikut beberapa cara mudah untuk membuka kembali akun Google Anda untuk penggunaan normal seperti biasa.

1. Mengubah kata sandi

Langkah pertama adalah mengubah kata sandi Anda atau mengatur ulang kata sandi Anda melalui pemulihan akun. Bisa juga cek di sini untuk reset akun Google anda.

Oh ya, ada kemungkinan cara memulihkan akun yang diblokir akan berbeda antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Salah satu cara untuk membuka akun Google yang ditangguhkan adalah sebagai berikut:

  1. Akses tempat pemulihan akun di sini.
  2. Masukkan alamat e-mail dan password atau nomor telepon yang anda daftarkan dulu.
  3. Masukkan sandi lama yang sekiranya anda ingat.
  4. Tekan tombol “berikutnya/next”
  5. Buka “Kelola Akun” di pengaturan dan temukan panel seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah di bawah ini.
  6. Masukkan “Security code” yang dikirimkan kepadamu ke tempat “Masukkan code” yang harus anda isi di halaman pertama.
  7. Setelah itu, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan dan klik tombol “Berikutnya”.
  8. Isi password baru sesuai keinginanmu dan konfirmasi, terakhir tekan tombol “Berikutnya”.
BACA JUGA  Siaran TV Analog Akan Dihapus Di wilayah Ini Mulai Pertengahan Tahun 2022, Lihat Daftar Wilayahnya disini

Selamat Akunmu telah berhasil anda ambil alih dengan cara me-reset kata sandinya! cara ini terbilang mudah dan nggak ribet, ya, terpenting anda nggak malas untuk mencobanya.

2. Pemulihan akun dari Google Support

Untuk akun yang terkunci karena peretasan, Google siap membantu Anda melindungi akun Anda dari peretas. Pelajari cara memulihkan akun Facebook Anda dengan mudah di bawah ini.

  1.  Masuk ke sini dan login dengan e-mail yang di-hack.
  2. Masukkan kata sandi sebelumnya yang anda ingat.
  3. Jika lupa, maka tinggal pilih opsi “Pertanyaan lain”. Pertanyaan ini bisa jadi rekaanmu sendiri atau mengikuti pilihan yang ditawarkan Google saat pertama kali anda membuat akun.
  4. Klik tombol “Kirim perintah” untuk memunculkan notifikasi yang akan anda terima.
  5. Cukup pilih “Ya” untuk masuk ke akun anda dengan menerima permintaan yang muncul di layar.
  6. Kemudian anda akan diminta untuk melihat SMS/pesan singkat untuk memasukkan kode yang diberikan sebagai tanda verifikasi.
  7. Anda sudah berhasil dalam mengembalikkan akun anda yang terkunci karena di-hack.

3. Cara Membuka Akun Google yang Terkunci dengan Menjawab Pertanyaan Lain

Anda juga dapat memulihkan akun Anda dengan menjawab pertanyaan keamanan yang disediakan oleh Google. Pastikan saja akun yang Anda gunakan adalah milik Anda atau bukan, atau Anda telah membuat akun Google (bulan dan tahun).

Sebagai informasi, jika nomor telepon yang ditampilkan bukan nomor telepon Anda saat ini atau telepon seluler Anda tidak ada, Anda dapat memilih pertanyaan lain dengan mengklik tombol Coba Pertanyaan Lain. Berikut adalah pertanyaan yang perlu Anda jawab:

  1. Google akan meminta anda untuk memberi jawaban terhadap “Kapan anda membuat akun Google ini?” dan masukkan sesuai pilihan bulan dan tahun.
  2. Klik tombol “Berikutnya” maka Google akan mengarahkan anda untuk memasukkan e-mail andayang aktif (yang sudah terkait untuk e-mail pemulihan) untuk mendapat kode verifikasi.
  3. Setelah mendapat kode verfikasi seperti di bawah ini, anda harus memasukkan kode tersebut ke tempat recovery e-mail.
  4. Tahap terakhir yang diberikan oleh Google adalah pelaporan masalah terhadap apa yang sudah terjadi kepada akun anda seperti contoh di bawah ini.
  5. Pastikan anda memantau e-mail pemulihan anda (email aktif yang dapat digunakan) karena dalam 1-2 jam, Google akan mengirimkan e-mail konfirmasi untuk memulihkan akun anda seutuhnya.

Ikuti langkah-langkah di atas untuk membuka blokir akun Google yang diblokir.

Tips Penting setelah Akun Google yang Terkunci Pulih

Setelah berhasil mengikuti cara membuka akun google yang terkunci, jangan lupa segera lakukan hal-hal berikut agar kejadian serupa tidak terulang kembali:

  1. Pastikan untuk langsung mencatat sandi baru anda di kertas/notes atau di manapun supaya tidak lupa. Terpenting catatan itu berada di tempat aman!
  2. Mengubah e-mail recovery ke e-mail yang aktif dan anda ingat betul kata sandinya.
  3. Jangan memberikan password secara sembarangan kepada orang lain demi keamanan data.

Dengan anda melakukan tips di atas kemungkinan akun anda di-hack atau lupa password lebih kecil. Selamat mempraktikkan!

Nah itulah cara membuka akun Google yang terkunci, ikuti langkah-langkah di atas dan semoga akun anda dapat segera kembali serta beroperasi secara normal.