Cara Berhenti Merokok Untuk Perokok Berat

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah bagi perokok, terutama perokok berat. Namun, ada beberapa cara berhenti merokok untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini. Dengan cara ini, tubuh dapat kembali sehat dan risiko berbagai penyakit berkurang.

Berhenti merokok merupakan tantangan bagi perokok. Ini karena beberapa kandungan dalam rokok dapat membuat ketagihan, sehingga mencoba berhenti merokok dapat menyebabkan gejala putus nikotin.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berhenti merokok. Dengan kesabaran dan ketekunan, Anda dapat membebaskan diri dari belenggu merokok dan bahaya yang menyertainya.

Berbagai Cara Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok aktif dan berniat untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini, ada beberapa cara untuk berhenti merokok, di antaranya:

  • Kelola tingkat stres Anda

Stres dapat menjadi salah satu alasan mengapa seseorang memutuskan untuk merokok, karena kandungan nikotin yang dikandungnya dapat memberikan efek relaksasi yang cepat. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok justru dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap stres.

Untuk mengurangi stres, ubah perlahan kebiasaan merokok Anda dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan seperti: b. Dengarkan musik, terapi pijat, atau meditasi. Juga, hindari situasi yang dapat menyebabkan stres sebanyak mungkin.

  • Hindari penyebab merokok

Saat mencoba berhenti merokok, usahakan untuk menghindari faktor atau kebiasaan yang mungkin membuat Anda merokok lagi, seperti:  Minum kopi dan alkohol atau bergaul dengan perokok lain.

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok setelah makan, Anda bisa menggantinya dengan cara lain, seperti mengunyah permen karet atau menyikat gigi.

  • Makan makanan sehat

Beberapa perokok aktif sering merasa kurang mengidam karena nikotin dalam rokok dapat mengurangi kepekaan mereka terhadap rasa dan bau.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi keinginan untuk merokok lagi. Tidak hanya itu, pola makan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus memulihkan nafsu makan yang berkurang akibat merokok.

  • Olahraga secara teratur

Tidak hanya tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat mengurangi kecanduan nikotin. Ketika keinginan untuk merokok datang, Anda dapat mengalihkan perhatian Anda dengan berolahraga, seperti hiking, berenang, atau bersepeda.

  • Bersihkan rumah secara teratur

Membersihkan rumah juga bisa menjadi salah satu faktor yang dapat membantu Anda berhenti merokok. Anda bisa mencuci baju, sprei, karpet, dan gorden yang berbau rokok.

BACA JUGA  Berikut 7 Game Petualangan/Adventure yang Asyik Dimainkan di Android dan iOS

Anda juga dapat menggunakan penyegar udara untuk menghilangkan bau asap rokok dan mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang mungkin mengingatkan Anda akan rokok, termasuk baunya.

  • Melibatkan keluarga dan teman terdekat

Beri tahu keluarga dan teman dekat Anda bahwa Anda akan berhenti merokok. Ini adalah bagaimana mereka dapat membantu dan mendukung Anda agar Anda selalu memikirkan tujuan yang ingin Anda capai, yaitu berhenti merokok.

  • Coba NRT (nicotine-replacement therapy)

NRT umumnya bertujuan untuk mengatasi rasa frustrasi dan meredakan gejala putus zat yang sering terjadi ketika seorang perokok mencoba untuk berhenti. Perawatan dengan alternatif rokok bervariasi, dari permen karet, pelega tenggorokan, inhaler, dan semprotan hidung.

Meski dianggap aman dan dapat mengurangi kecanduan rokok, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan NRT.

  • Menjalani terapi perilaku

Berkonsultasi dengan psikiater atau konselor dapat membantu Anda mengidentifikasi penyebab merokok dan menemukan strategi berhenti merokok yang cocok untuk Anda.

Untuk keberhasilan maksimal, terapi perilaku dapat dikombinasikan dengan NRT dan pengobatan.

  • Mencoba hipnoterapi

Salah satu cara berhenti merokok adalah melalui terapi alternatif berupa hipnoterapi. Efektivitas hipnoterapi untuk berhenti merokok belum diketahui secara pasti. Namun, sebagian orang mengaku sudah merasakan manfaatnya.

Selain metode di atas, beberapa jenis obat seperti bupropion dan varenicline dapat membantu Anda berhenti merokok. Namun, obat ini hanya boleh diminum sesuai petunjuk dan di bawah pengawasan dokter.

Berhenti merokok memang tidak mudah. Tidak sedikit orang yang tidak. Namun, komitmen Anda untuk berhenti merokok akan sangat membantu dalam menghentikan kebiasaan tersebut.

Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, coba ingat kembali alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok, seperti agar tubuh Anda bebas dari berbagai penyakit atau untuk melindungi keluarga Anda dari bahaya asap rokok.

Jika Anda masih merasa sulit untuk berhenti merokok, meskipun sudah melakukan cara-cara berhenti merokok di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat menentukan cara berhenti merokok secara efektif berdasarkan kondisi Anda.