Zona laut dangkal yang merupakan kelanjutan dari benua disebut

Zona laut dangkal yang merupakan kelanjutan dari benua disebut

Zona laut dangkal yang merupakan kelanjutan dari benua disebut …

a. palung laut b. selat c. dasar lautan d. paparan benua

 

Jawaban

Zona laut dangkal yang merupakan kelanjutan dari benua disebut …

d. paparan benua

Pembahasan

Paparan benua, atau Landas kontinen (Continental Shelf) adalah bagian dari benua yang berada di bawah perairan yang relatif dangkal. Sebagian besar paparan benua dapat terpapar atau terpapar selama periode glasial (Zaman Es) dan periode interglasial.

Paparan benua ini membentang dari garis pantai benua ke titik tebing curam di bawah laut yang disebut batas landas kontinen. Batas landas kontinen adalah tempat di bawah perairan landas benua mulai dengan drastis turun ke bawah menuju kedalaman dasar laut

Sebuah landas kontinen biasanya memanjang dari pantai ke kedalaman 100-200 meter di bawah permukaan laut. Wilayah ini melandai ke arah laut dengan kemiringan rata-rata sekitar 0,1°.

Di bawah lereng batas landas kontinen wilayah yang akhirnya menyatu ke dasar laut dalam, yaitu dataran abisal.

Karena landas kontinen atau paparan benua ini dangkal, maka bila permukaan air laut turun, landas kontinen dapat menjadi daratan. Hal ini misalnya terjadi saat Zaman Es, ketika sebagian air lautan membeku di Kutub Utara dan Selatan.

Akibat terbentuknya lapisan es ini, banyak air di dunia terdeposit sebagai es. Akibatnya permukaan laut pada masa ini menurun. Pada masa ini permukaan laut di wilayah Indonesia bisa mencapai 100 meter lebih rendah dari permukaan sekarang.

Akibat dari penurunan permukaan laut ini, wilayah yang saat ini merupakan perairan pada Jaman Es merupakan daratan.

Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Sunda, Selat Bali dan Laut Jawa yang memisahkan pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali dengan satu sama lain dan dengan benua Asia pada masa ini adalah daratan. Ini membuat pulau-pulau di Indonesia Barat ini terhubung dengan benua Asia.

BACA JUGA  Perkembangan globalisasi tidak berdampak penuh pada bidang

Wilayah Indonesia Barat yang terhubung dengan benua Asia ini disebut Paparan Sunda (Sunda Shelf).