Berikut ini yang tidak termasuk bentuk magnet buatan adalah

Berikut ini yang tidak termasuk bentuk magnet buatan adalah

Berikut ini yang tidak termasuk bentuk magnet buatan adalah ….

a. batang
b. jarum
c. ladam
d. oval

 

Jawaban

Berikut ini yang tidak termasuk bentuk magnet buatan adalah (D) ovalMagnet buatan adalah magnet yang sengaja dibuat manusia untuk tujuan tertentu. Bentuk magnet buatan bermacam-macam disesuaikan dengan tujuan dan kegunaannya. Simak penjelasan berikut.

 

Pembahasan

Magnet adalah benda yang mampu menarik benda-benda yang ada di sekitarnya. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Di bagian kutub ini, kekuatan atau daya tarikan magnet adalah yang paling besar. Jika dua kutub yang sejenis atau senama didekatkan, maka akan terjadi tolak-menolak. Sedangkan, jika dua kutub yang berbeda jenis didekatkan, maka akan terjadi tarik-menarik. Bagian magnet yang memiliki dara tarik terkecil berada di tengah antara kutub utara dan kutub selatan, yaitu daerah netral.

Magnet dapat diperoleh secara langsung dari alam maupun dibuat manusia. Magnet yang diperoleh dari alam disebut magnet alam, dan magnet yang dibuat oleh manusia disebut magnet buatan.

>> Magnet Alam

Magnet alam yang terbentuk alami dari alam dapat berupa batu-batuan atau benda lainnya. Ciri khas magnet alam yaitu bersifat permanen. Magnet alam tidak banyak bisa kita temui keberadaannya. Contoh magnet alam adalah gunung Ida di Magnesia. Gunung tersebut dapat menarik benda-benda di sekitarnya.

>> Magnet Buatan

Magnet buatan dibuat oleh manusia dalam berbagai bentuk untuk tujuan dan kegunaan tertentu. Pembuatan magnet dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu penggosokan, induksi, dan pengaliran arus listrik searah. Magnet buatan biasanya dibuat dari bahan feromagnetik seperti besi dan baja. Magnet buatan dapat bersifat permanen atau sementara.

Berikut bentuk-bentuk magnet buatan dan kegunaannya.

  1. Magnet batang: digunakan pada kunci pintu dan kunci lemari.
  2. Magnet silinder: digunakan pada kunci pintu atau lemari dan penutup kotak pensil atau kotak hadiah.
  3. Magnet jarum: digunakan pada kompas sebagai penunjuk arah mata angin.
  4. Magnet cincin: digunakan pada speaker ponsel dan speaker radio.
  5. Magnet ladam (tapal kuda)/U: digunakan untuk mengangkat benda-benda yang bersifat magnetik serta pada pembuatan bel listrik.
BACA JUGA  Apa saja kaidah kebahasaan teks pidato?

Penjelasan Soal

Berdasarkan uraian di atas, dari pilihan bentuk batang, jarum, ladam, dan oval, yang tidak termasuk bentuk magnet buatan adalah (d) oval. Bentuk oval belum pernah dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu.