Periskop Sederhana: Cara Mudah untuk Melihat Dunia

Apa Itu Periskop?

Hello Readers! Apakah Anda pernah mendengar tentang periskop? Periskop adalah alat optik sederhana yang digunakan untuk melihat objek yang berada di atas atau di bawah permukaan air. Periskop terdiri dari dua cermin yang terletak pada ujung tabung yang panjang. Cermin pertama ditempatkan pada ujung tabung yang menghadap ke objek yang ingin dilihat, sedangkan cermin kedua ditempatkan pada ujung tabung yang menghadap ke mata pengamat.

Bagaimana Cara Membuat Periskop Sederhana?

Anda bisa membuat periskop sederhana dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Pertama-tama, siapkan dua cermin datar dengan ukuran yang sama. Kemudian, letakkan salah satu cermin pada ujung tabung yang menghadap ke objek yang ingin dilihat dan letakkan cermin kedua pada ujung tabung yang menghadap ke mata pengamat. Pastikan kedua cermin saling berhadapan dan memiliki sudut 45 derajat.Setelah itu, Anda dapat menggunakan tabung plastik atau karton sebagai bahan untuk membuat tabung periskop. Potong tabung tersebut menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Tempelkan kedua bagian tabung dengan perekat atau selotip dan pastikan tabung tidak bocor udara. Terakhir, tempelkan cermin pada masing-masing ujung tabung dengan perekat atau selotip dan periskop sederhana siap digunakan!

Apa Manfaat Menggunakan Periskop?

Periskop bukan hanya digunakan untuk melihat objek yang berada di bawah atau di atas permukaan air, tapi juga memiliki manfaat lain yang sangat berguna. Periskop dapat digunakan oleh para penyelam untuk melihat keadaan bawah laut tanpa harus menyelam terlalu dalam. Selain itu, periskop juga digunakan oleh pilot pesawat untuk melihat sekeliling pesawat tanpa harus memutar kepala.Periskop sangat berguna bagi para fotografer atau pembuat film untuk mendapatkan sudut pandang yang unik dan berbeda dari biasanya. Dengan periskop, mereka dapat memotret atau merekam objek dari sudut pandang yang tidak biasa dan memberikan hasil yang lebih menarik.

Kesimpulan

Membuat periskop sederhana memang sangat mudah dan murah. Namun, periskop juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi para pengguna. Dengan periskop, Anda dapat melihat objek dari sudut pandang yang berbeda dan mendapatkan hasil yang lebih menarik. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat periskop sederhana dan lihatlah dunia dengan cara yang berbeda!Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!