Penemu Hukum Ohm: Si Jago Listrik yang Mengubah Dunia

Siapa Ohm?

Hello Readers, kali ini kita akan membahas tentang penemu hukum ohm. Siapa yang tidak mengenal hukum ohm? Hukum ohm merupakan salah satu konsep dasar dalam dunia listrik. Hukum ohm ditemukan oleh Georg Simon Ohm, seorang fisikawan dan matematikawan asal Jerman. Ohm lahir pada tanggal 16 Maret 1789 di Erlangen, Bavaria. Dia adalah anak ketiga dari seorang pedagang kain. Ohm sangat tertarik pada dunia matematika dan fisika sejak kecil.

Pendidikan dan Karir Ohm

Ohm mengambil pendidikan di Universitas Erlangen pada tahun 1806. Setelah itu, dia menjadi guru di sekolah di Swiss. Namun, dia tidak betah menjadi guru dan memutuskan untuk kembali ke universitas untuk mempelajari fisika dan matematika. Pada tahun 1817, Ohm menjadi profesor fisika di Kolese N├╝rnberg.

Penemuan Hukum Ohm

Pada tahun 1827, Ohm mempublikasikan sebuah buku berjudul “Die galvanische Kette, mathematisch bearbeitet” (Rantai Galvanis, Dalam Kajian Matematika). Buku ini menjelaskan tentang hubungan antara arus listrik, tegangan, dan resistansi pada rangkaian listrik. Dalam buku ini, Ohm menemukan hukum dasar dalam listrik yang dikenal sebagai hukum ohm. Hukum ohm menyatakan bahwa arus listrik sebanding dengan beda potensial pada kedua ujung rangkaian dan sebaliknya sebanding dengan resistansi rangkaian.

Reaksi Dunia terhadap Penemuan Ohm

Pada awalnya, dunia ilmiah tidak terlalu menghargai penemuan Ohm. Namun, pada akhirnya hukum ohm menjadi dasar dalam dunia listrik dan elektronika. Penemuan Ohm mempercepat perkembangan teknologi listrik dan membuka jalan bagi penemuan-penemuan lain seperti telegraf, telepon, dan radio.

Karya Lain Ohm

Selain penemuan hukum ohm, Ohm juga menemukan beberapa konsep penting lain dalam fisika. Dia menemukan konsep resistivitas, yang mengukur resistansi bahan penghantar listrik. Ohm juga menemukan konsep suhu mutlak, yang merupakan suhu terendah yang dapat dicapai oleh suatu benda.

Pengakuan atas Kontribusi Ohm

Pada tahun 1841, Ohm diundang ke Berlin untuk menjadi profesor di Universitas Berlin. Dia mendapat penghargaan dari Royal Society of London pada tahun 1842. Selain itu, satuan resistansi listrik, ohm, dinamakan berdasarkan namanya sebagai penghormatan atas kontribusinya dalam dunia listrik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang penemu hukum ohm, Georg Simon Ohm. Ohm merupakan fisikawan dan matematikawan asal Jerman yang menemukan hukum dasar dalam dunia listrik. Hukum ohm mempercepat perkembangan teknologi listrik dan membuka jalan bagi penemuan-penemuan lain seperti telegraf, telepon, dan radio. Ohm juga menemukan beberapa konsep penting lain dalam fisika seperti resistivitas dan suhu mutlak. Dia mendapat penghargaan dari Royal Society of London dan satuan resistansi listrik, ohm, dinamakan berdasarkan namanya sebagai penghormatan atas kontribusinya dalam dunia listrik. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.