7 Cara Mudah Untuk Menghentikan Kebiasaan Begadang

Begadang seringkali mempersingkat waktu tidur Anda. Tahukah Anda bahwa kurang tidur dapat memicu berbagai penyakit seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes? Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan begadang.

 

Cara mudah untuk menghentikan kebiasaan begadang

Kebiasaan begadang dapat mengganggu siklus tidur dan berdampak negatif pada fungsi mental dan tingkat energi keesokan harinya. Bagi yang ingin menghilangkan kebiasaan buruk ini, coba berbagai cara menghilangkan kebiasaan begadang yang mudah dilakukan.

1. Hindari stimulan di sore hari

Stimulan dapat membuat sulit untuk tidur di malam hari. Stimulan seperti kafein dapat membuat sulit tidur. Kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi, tetapi juga dalam teh, cokelat, dan beberapa minuman ringan.

Selain itu, kafein dapat memblokir efek adenosin, zat kimia otak yang membantu Anda tidur. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari stimulan seperti kafein setelah jam 1-2 siang.

 

2. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang yang terlalu lama bisa membuat sulit tidur di malam hari. Jika Anda merasa mengantuk di siang hari, cobalah untuk membatasi tidur siang hingga 15-20 menit. Dengan cara ini, kualitas dan jam tidur Anda di malam hari tidak akan terpengaruh.

 

3. Latihan aerobik secara teratur

Latihan aerobik yang teratur seperti berjalan, jogging, dan berenang dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan lebih baik di malam hari. Namun, sebaiknya jangan berolahraga beberapa jam sebelum tidur, karena ini akan membuat Anda sulit untuk tertidur.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Anime Genre Comedy Yang Layak Ditonton di Tahun 2022

 

4. Atur jadwal tidur yang teratur

Jadwal tidur yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat di malam hari. Cobalah untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Kebiasaan ini dipercaya dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan begadang.

 

5. Jadikan kamar tidur sebagai tempat yang nyaman

Matikan lampu dan singkirkan apa pun yang menimbulkan kebisingan di kamar tidur. Jadikan kamar tidur sebagai tempat yang nyaman untuk tidur.

Selanjutnya, lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti b. Meditasi. Jika perlu, unduh aplikasi white noise di ponsel Anda untuk menenangkan suara alam.

 

6. Makan dengan benar

Cobalah biasakan untuk makan beberapa jam sebelum tidur. Juga, biasakan makan dengan benar dalam jumlah sedang.

Karena makan makanan dalam jumlah besar dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda, sehingga membuat Anda sulit untuk tertidur dan bahkan begadang. Makanan yang direkomendasikan adalah yoghurt, muesli, dan roti panggang dengan selai.

 

7. Jangan terlalu sering melihat jam 

Sering dianggap bahwa mengintip jam saja bisa membuat Anda bingung untuk tidur malam yang nyenyak. Usahakan untuk menyimpan jam tangan atau ponsel Anda di tempat yang sulit dijangkau agar Anda tidak tergoda untuk mengecek waktu.

 

Terlalu sering begadang, terutama ketika tidak ada kebutuhan dasar, dapat membahayakan kesehatan Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan begadang dengan berbagai cara untuk menjaga kualitas dan jam tidur Anda. Sekian dari artikel kami, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda tidur dengan teratur.