2 Media yang Cocok Sebagai Alternatif Saat Pelajaran Daring

Pandemi memaksa semua lapisan masyarakat dari berbagai latar belakang untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apalagi untuk dunia pelatihan, dimana hampir semua kegiatan dilakukan secara online. Pembelajaran online memaksa guru dan siswa untuk beradaptasi dengan teknologi saat ini. Berbagai media digunakan untuk mendukung pembelajaran. Media pembelajaran menurut (Surayya, 2012) adalah alat yang dapat menunjang proses belajar mengajar dan membantu memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan melalui penggunaan media yang tepat. bekerja secara efisien dan efektif.

Di era pembelajaran online, peran TIK dalam dunia pendidikan sudah sangat berpengaruh. Saat belajar, guru dan siswa menggunakan ponsel dan laptop dan membutuhkan jaringan yang kuat dan stabil. Aplikasi online yang mendukung proses pembelajaran juga sangat penting. TIK juga digunakan untuk mendukung pembuatan materi pendidikan. Pengertian Teknologi Informasi Menurut Williams dan Sawyer (2003) merupakan teknologi yang menggabungkan komputer (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Keanekaragaman media yang ada, dipilih sesuai dengan sifat siswa, untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Berikut 2 Media yang Cocok Sebagai Alternatif Saat Pelajaran Daring

 

1. Canva

Source: Google Play Store

Menggunakan Canva sebagai media pengajaran teori dapat membuat siswa tetap tertarik pada setiap perubahan dan karakter yang diperkenalkan, memungkinkan setiap teori yang diajarkan dan dibaca siswa terekam di otak. Canva adalah aplikasi desain grafis untuk membuat grafik, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual lainnya untuk media sosial. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai contoh desain untuk Anda gunakan. Canva terdiri dari dua jenis layanan, gratis dan berbayar.

BACA JUGA  Bingung Cara Mengubah Font Default di HP OPPO? Begini Caranya Mengubah FOnt Default di HP OPPO

2. Quizizz

Source: Google Play Store

Sebagai sarana untuk kuis atau ulangan harian, guru dapat menggunakan media tes. Quizizz adalah perusahaan perangkat lunak pendidikan India yang berbasis di Bengaluru, India yang mengembangkan dan menjual platform menyenangkan untuk keterlibatan siswa. Perangkat lunak ini digunakan untuk pelajaran, tugas kelompok, ulasan pra-tes, penilaian formatif, dan tes pop-up. Biasa disebut dengan permainan edukatif, kuis digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir siswa. Ini memiliki berbagai fitur mulai dari pertanyaan pilihan ganda dan pertanyaan deskriptif hingga pertanyaan untuk jawaban dengan “ya” atau “tidak”. Quizizz juga didesain menarik agar siswa tidak bosan dan dapat mengerjakan soal dengan lebih semangat.

 

Sekian artikel kami, semoga dengan artikel ini dapat membantu anda menambah media ini sebagai alternatif saat pelajaran daring.