Ini Dia Kelebihan Kekurangan dan Lika-Liku Kerja di Indomaret

Mari mengenal lebih dekat Indomaret, Indomaret adalah jaringan ritel waralaba di Indonesia di bawah naungan PT INDOMARCO PRISMATAMA. Gerai Indomart pertama dibuka pada 20 Juni 1988 di Ancol, Jakarta Utara . Pada tahun 1997, perusahaan mengembangkan toko waralaba pertama di Indonesia setelah memiliki lebih dari 230 toko. Jumlah gerai pada tahun 2015 mencapai 11.400 gerai, 60% gerai merupakan milik perorangan dan sisanya merupakan waralaba publik. Per Juni 2021, ada 18.939 toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi koperasi, korporasi, dan perorangan. Indomaret tersebar merata mulai dari Sumatera, Batam, Jawa, Madura, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Indomaret sendiri juga merupakan toko modern yang melayani kebutuhan pokok dan sehari-hari. Apalagi, pertumbuhan gerai Indomaret di berbagai daerah di Indonesia begitu berkembang pesat.

Tentunya dengan dibukanya cabang baru, manajemen membutuhkan karyawan baru untuk mengelola dan mengelola cabang tersebut.

Hal ini tentunya juga menjadi peluang atau peluang bagi mereka yang bingung mencari pekerjaan. Nah, bagi yang baru saja lulus atau bekerja sebelumnya dan ingin mencari pekerjaan baru, jelas Indomaret bisa menjadi pilihan.

Tugas atau Pekerjaan Yang Anda Kerjakan di Indomaret

Peluang untuk meniti karir di indomaret itu tak perlu diragukan lagi, yang jelas jika kalian ingin menetapkan pilihan untuk bekerja di indomaret (lulusan SMA atau SMK) dan memilih penempatan di toko, karir awal yang akan kalian miliki adalah sebagai PRAMUNIAGA atau KASIR. Selain itu jika memang kualitas kerja kalian bagus, bukan hal yang tak mugkin lagi untuk diangkat menjadi karyawan tetap dan karir akan naik menjadi MD (merchandiser). Tak sampai disitu, karir-karir selanjutnya pun juga akan menanti kalian jika memang kualitas kerja kalian bagus, seperti naik ke jabatan ASISTEN KEPALA TOKO kemudian KEPALA TOKO sampai ke SUPERVISOR dan bahkan MANAGER.

Tugas Per Jabatan di Toko

  • Pramuniaga :

Melayani pelanggan, memenuhi stok barang, kebersihan dan kerapihan toko

  • Kasir :

Melayani pelanggan, menjalankan proses penjualan dan pembayaran

  • MD (merchandiser) :

Bertanggung jawab atas sifnya (pemegang sif), Cek barang datang/penerimaan barang baik dari gudang ataupun dari supplier, memberikan arahan untuk pramuniaga dan kasir dalam pencapaian target.

  • Asisten Kepala Toko :

Penanggung jawab kedua selain kepala toko, membuat anggaran pengeluaran biaya toko (RRAK)

  • Kepala Toko :

Penanggung jawab utama toko, penanggung jawab akan barang hilang, menentukan/membuat jadwal per siff dan membuat strategi untuk menaikkan sales.

Kelebihan Kerja di Indomaret

  • Gaji masih menyesuaikan UMK dan bisa bertambah tergantung naiknya jabatan
  • Tak terlalu banyak berpikir karena pekerjaannya lebih utamakan tenaga.
  • Dapatkan benefit lain selain gaji , seperti: BPJS ketenagakerjaan, tunjangan/tabungan hari tua, dapat diskon belanja sebulan sekali
  • Sistem kerja shift yang mungkin diperlukan Jika Anda ingin begadang, Anda dapat meminta untuk bergabung dengan shift malam.
  • Tempat kerja nyaman, ber-AC dan bersih, bahkan jika Anda (karyawan) melakukan pembersihan sendiri.

Kekurangan Kerja di Indomaret

Kekurangan dan kelebihan bekerja di Indomaret tampaknya agak ambigu karena kami menemukan banyak kekurangan dalam pengalaman karyawan Indomaret. Sepertinya banyak karyawan yang menyimpan perasaan selama bekerja di sana. Di bawah ini kami rangkum beberapa kekurangan bekerja di Indomaret:

1. Jam kerja ketat

Tentunya jika Anda bekerja sebagai penjual atau kasir di Indomaret, jangan harap bisa pulang tepat waktu karena akan terlambat 1-2 jam. Apa yang kamu lakukan? Ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum pulang. Misalnya, mengisi kertas, menghitung satu shift, menghitung lemari, membersihkan toko sebelum pulang, dll.

BACA JUGA  Beginilah Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

2. Gaji sering dikurangi

Kamu tidak salah baca, gaji Anda akan dipotong. Inilah poin krusialnya, karena banyak karyawan Indomaret berhenti ketika uang dipertaruhkan. Khusus untuk kasir, jika jumlah nominal uang penjualan sebenarnya tidak sesuai dengan sistem, bisa lebih tinggi, tetapi sering kali lebih rendah, sehingga perlu diganti dengan uang pribadi.

Hal yang sama berlaku jika barang hilang selama pemeriksaan barang. Misalnya, total harta benda yang hilang adalah Rp. 3.500.000, tetapi batas toleransi Indomaret hanya Rp. 3.000.000 , maka selisih 500.000 adalah tanggung jawab semua karyawan toko.

Jika ada barang yang kadaluarsanya terlambat tidak dapat dikembalikan, maka pegawai wajib membeli/mengganti barang tersebut. Belum lagi pencurian/penipuan penjualan yang berkepanjangan dan disengaja untuk keuntungan pribadi.

3. Begadang untuk Stock Opname/penghitungan barang

Apakah Anda tahu berapa banyak barang yang ada di toko, termasuk persediaan? Beberapa artikel dihitung dan dibandingkan dengan database Indomaret. Perhitungan dilakukan dari waktu tutup (sore) hingga pagi (buka), sehingga pekerjaan langsung dilanjutkan.

4. Penyesuaian harga

Dilakukan saat tutup maupun buka oleh seluruh pegawai di luar jam kerja. Mungkin diperlukan waktu berjam-jam untuk mengubah harga semua item yang ditampilkan. Bagaimana Anda masih kuat?

5. Loyalitas tanpa batas

Dari jam buka hingga perubahan SO dan harga, semuanya dilakukan di luar jam kerja secara gratis (free of charge). Waktu kerja Anda masih 9 jam, ditambah Anda tidak akan mendapatkan apa-apa meskipun Anda bekerja lembur.

6. Lebih sabar dengan konsumen

Anda akan berurusan dengan berbagai jenis orang dan Anda harus bersikap baik melayani mereka.

Lika-Liku Kerja di Indomaret

1. Lebihnya kerja di Indomaret

Kali ini kami akan mengulas tentang lebihnya bekerja di Indomaret. Seperti yang sudah kami jelaskan, Indomaret menjamin jenjang karir Anda ke jenjang yang lebih tinggi.

  • GAJI :

Tujuan seseorang bekerja adalah untuk mendapatkan gaji, bahkan banyak kasus demonstrasi perusahaan tertentu tentang upah yang tidak mencukupi dll. Namun, di Indomaret Anda berhak mendapatkan gaji sesuai UMR dan UMK sesuai peraturan negara.

  • BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan :

Jangan khawatir dengan asuransi kesehatan dan karir Anda bersama Indomaret. Cukup karena Anda mendapatkan fasilitas BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan sebagai salah satu hak Anda sebagai karyawan.

  • Dana Pensiun :

Yang jelas, Indomaret juga punya dana pensiun (DPLK).

  • Uang Lembur dan Insentif :¬†

Lembur dan insentif biasanya dihitung untuk setiap posisi, jadi santai saja pada tenggat waktu atau acara merah yang diberikan, Anda akan mendapatkan hak dari perusahaan dalam bentuk uang bonus dan uang insentif.

  • THR :

Sama seperti perusahaan lain, Indomaret memberikan THR kepada karyawannya, bahkan jika Anda menghitung berapa lama Anda telah bekerja hingga tingkat karir Anda, Anda bisa mendapatkan THR dari gaji Anda, satu setengah kali gaji Anda hingga dua kali gaji Anda.

2. Kurangnya Kerja di Indomaret

Berikut ini kurangnya kerja di indomaret, seperti:

  • Sales On Target :

Jadi manajer toko dan bawahannya harus memikirkan bagaimana meningkatkan penjualan toko, mulai dari promosi hingga memanfaatkan peristiwa yang terjadi di dalam area jangkauan untuk meningkatkan penjualan.

  • NBH (Nota Barang Hilang) :

Hal ini sangat menjengkelkan karena kita harus benar-benar menjalankan toko dengan benar, jika tidak pasti akan muncul NBH dan alhasil otomatis gaji akan terpotong untuk mengganti barang yang hilang dari toko. Biasanya NBH ini bisa ditentukan oleh faktor internal (karyawan itu sendiri) atau faktor eksternal (sindikat pengutil).

Namun selepas akan hal itu, pastinya bekerja di perusahaan manapun akan ada yang lika-liku nya. Sebagai orang yang ingin mencari rezeki untuk kebutuhan hidup, mari kesampingkan kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.