Inilah 6 Tips Kuliah Daring Secara Efektif

Sejak munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia dua tahun lalu, pemerintah telah mendorong agar semua pekerjaan dilakukan dari rumah atau biasa disebut online. Baik dari pekerjaan atau dari kegiatan sosial hingga kegiatan pendidikan. Namun ternyata aktivitas online tidak semudah yang kita kira. Perubahan yang tidak pernah kita bayangkan menuntut kita untuk memahami dan mengikuti segala kondisi yang ada.

Ada banyak kendala yang membuat pelajaran online menjadi sulit, terutama bagi siswa. Mulai dari batasan teknis hingga non-teknis. Berawal dari hal-hal yang tidak biasa dalam kehidupan mereka sebelumnya, siswa sekarang dapat belajar hanya melalui media online, karena banyak kendala muncul karena proses ini, seperti masalah isyarat, dan kelas terbatas untuk pembelajaran online. Selain itu, kelas online juga membuat kekacauan dalam manajemen waktu, dan sangat sulit untuk mengatur waktu antara kelas dan permainan, sehingga tidak jarang pekerjaan rumah diabaikan karena tidak memiliki jadwal harian yang cukup baik. Belum lagi ketika program tersebut bertabrakan dengan kegiatan lain, pasti sangat membingungkan!

Agar kelas online tidak terasa menegangkan dan lebih efektif, kita perlu mengetahui beberapa tips yang bisa kita berikan

1. Catat dan ingat jadwal kelas

Foto: Shutterstock/ Fresh Stocks

Ini sangat membantu Anda untuk mengingat waktu kelas dan mengaturnya agar tepat waktu dan lebih efisien. Tidak ada perangkat lunak yang hilang atau bahkan terlupakan.

2. Selesaikan tugas sesuai deadline

Foto: Shutterstock/ Fresh Stocks

Anda juga perlu mengingat dan mencatatnya, karena jika Anda mengikuti instruksi master tepat waktu, pekerjaan Anda akan lebih mudah, karena jika Anda malas, tugas baru akan datang, dan pekerjaan Anda akan menumpuk.

BACA JUGA  5 Bahasa Yang Harus Kamu Kuasai sebagai Kaum Milenial Sebelum "Go Internasional"

3. Beri tahu orang tua atau kerabat Anda tentang waktu

Foto: Shutterstock/ Cornelius Krishna Tedjo

Ini juga sangat penting sebagai pengingat jika kamu lupa dan agar orang lain di kelas tidak mengganggu karena mereka sudah tahu jadwal kita. Tidur berlebihan adalah hal biasa dalam pelajaran online ini, jadi berbicara dengan orang-orang di sekitar Anda tentang jadwal Anda dapat membantu menyelesaikan masalah kita.

 

4. Tingkatkan waktu tidur Anda

Foto: Shutterstock/ Cornelius Krishna Tedjo

Dengan adanya kelas online ini, tidak jarang mahasiswa begadang karena berpikir tidak perlu bangun pagi untuk berangkat ke kampus. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang bolos karena bangun kesiangan, yang juga dapat menyebabkan rasa kantuk selama proses pembelajaran. Jadi jangan begadang kalau besok ada kelas.

 

5. Buat catatan tentang hal-hal penting selama pelajaran

Foto: Shutterstock/ Cornelius Krishna Tedjo

Mengikuti kursus online bukan berarti Anda bisa santai dan mengabaikan materi kursus. Untuk meringankan kesulitan yang tidak terduga di masa depan, perlu untuk menuliskan hal-hal penting selama pelajaran, karena mencatat dapat meningkatkan daya ingat.

 

6. Temukan tempat duduk yang nyaman

Foto: mejasekolah.com

Seperti halnya memberikan les offline atau biasa disebut les offline, online atau online, juga membutuhkan tempat dengan suasana yang menyenangkan. Tempat yang nyaman ini adalah tempat yang jauh dari kebisingan, tempat dengan internet yang bagus dan tempat yang rapi dan bersih di mana Anda dapat bersantai dan fokus saat belajar.

Nah, itulah beberapa tips les online yang bisa Anda terapkan saat melakukan les online. Semangat kuliah, wujudkan mimpimu!