Yuk Mengenal apa itu Introvert, Ekstrovert, Ambivert?

Anda pasti pernah mendengar kata-kata itu, bukan? Setidaknya salah satu dari kata-kata ini. Ya, ketiga kata ini adalah tipe kepribadian manusia. Saat ini tipe-tipe kepribadian seperti introvert, ekstrovert, dan emosional sering diperbincangkan dan menjadi topik yang menarik untuk dibahas, khususnya bagi para millennials dan generasi Z. Pada dasarnya, ada beberapa tipe kepribadian yang berbeda, namun sekarang kita akan membahas tiga tipe kepribadian yang paling umum dan baik. tipe kepribadian yang diketahui.

INTROVERT

Sekarang kita akan membahas tipe kepribadian introvert. Sebenarnya apa sih introvert itu? Introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung egois baik dalam pikiran, pendapat, perasaan, emosi, maupun suasana hati. Introvert lebih fokus pada diri mereka sendiri daripada mencari rangsangan atau rangsangan dari orang lain. Secara umum, orang dengan kepribadian introvert sering terlihat sebagai orang yang tenang. Anggapan ini ada benarnya, namun tidak sepenuhnya benar, karena orang dengan kepribadian introvert tidak selalu tenang. Orang dengan kepribadian introvert juga dapat bersosialisasi dan bergaul dengan orang lain, tetapi orang dengan kepribadian introvert cenderung menikmati lingkungan sosial yang ruang lingkup atau lingkupnya lebih kecil, tetapi memiliki intensitas yang dalam dan sangat berarti bagi diri mereka sendiri. Tantangan atau poin nyeri bagi introvert adalah pertemuan sosial yang besar, kerja kelompok, atau kegiatan di mana banyak orang berpartisipasi. Apakah Anda seorang introvert di sekolah atau universitas dan lebih memilih pekerjaan rumah individu daripada kerja kelompok?

Orang introvert juga bisa bersatu kembali dengan banyak orang, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak energi daripada orang ekstrovert, dan energi ini dipanen ketika orang introvert sendirian, jadi introvert akan menyendiri untuk mendapatkan kembali energinya, itulah sebabnya banyak orang percaya bahwa Introvert itu pendiam. , meskipun bagi mereka yang berkepribadian introvert, menyendiri perlu mengumpulkan energi untuk terhubung dengan orang lain.

Selain itu, di balik perilaku tenang orang dengan tipe kepribadian introvert, tipe kepribadian introvert juga memiliki banyak kelebihan atau manfaat! apa-apaan?

Sikap Mandiri

Seperti yang sudah kita ketahui, orang dengan kepribadian introvert lebih suka menyendiri dan bekerja sendiri daripada bekerja dalam tim. Dari kebiasaan tersebut, orang dengan kepribadian introvert cenderung mengambil posisi mandiri. Posisi mandiri merupakan salah satu posisi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup atau survival.

Kreatif

Introvert biasanya memiliki pola pikir dan ide yang berbeda dan unik karena introvert biasanya suka memikirkan banyak hal ketika mereka sendirian dan juga memiliki banyak pendapat yang tidak mereka komunikasikan, sehingga dengan banyak pola pikir, pemikiran dan pendapat yang tersimpan di dalamnya. introvert membuat mereka kreatif.

Punya Prinsip Kuat

Kebanyakan introvert memiliki prinsip yang kuat, dan prinsip yang kuat ini membuat orang dengan kepribadian introvert tidak mudah terpengaruh oleh apapun. Prinsip-prinsip yang kuat ini berasal dari sikap mandiri mereka karena introvert cenderung fokus pada diri mereka sendiri sehingga mereka dapat berpegang teguh pada prinsip yang mereka tetapkan.

Pendengar yang baik

Seorang introvert adalah pendengar yang baik, dan lebih suka mendengarkan cerita orang lain atau mengalir daripada menceritakan orang lain karena introvert suka diamati, sehingga introvert sering disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk curhat daripada introvert karena introvert cenderung lebih dapat dipercaya, ketika mereka harus mendengar cerita atau keluhan orang lain.

 

EKSTROVERT

Selanjutnya kita akan membahas tipe kepribadian yang kedua, yaitu ekstrovert. Ketika kebanyakan orang mendengar kata “ekstrovert”, mereka langsung memikirkan kata “menyenangkan”, “pilih-pilih”, “banyak bicara”, atau “banyak bicara”. Ya! Ada beberapa kebenaran dalam pemikiran ini, tetapi jelas bahwa kata-kata ini tidak dapat secara memadai menggambarkan karakter yang terbuang.

Jika introvert lebih fokus pada diri mereka sendiri dan mendapatkan energi dari kesendirian, maka ekstrovert sebaliknya, ekstrovert lebih fokus pada kehidupan sosial mereka dan suka berinteraksi dengan banyak orang. Ekstrovert biasanya mendapatkan energi dari berinteraksi dengan banyak orang, jadi ekstrovert cenderung sampai pada titik menggambarkan mereka sebagai “penasaran” atau “pilih-pilih”, tetapi ekstrovert juga orang yang terkadang membutuhkan kesendirian, jadi tidak semua ekstrovert “banyak bicara. ” atau “menantang.” lucu”! Ekstrovert biasanya bertindak sebagai pemecah kebekuan atau mood breaker dalam berinteraksi karena ekstrovert selalu memiliki banyak topik untuk dibicarakan, sehingga ekstrovert mudah bergaul atau bergaul dengan orang lain. Seorang ekstrovert juga suka mengungkapkan pikirannya secara spontan atau to the point.

BACA JUGA  Bedasarkan Nilai UTBK Tertinggi, Inilah 10 SMA Terbaik di Indonesia

Nah, untuk gaya belajar atau gaya kerja, orang luar lebih memilih kerja tim atau kerja tim, bukan? Ya! Ini karena seorang ekstrovert lebih suka mengungkapkan banyak pendapat atau ide kepada orang lain.

Ekstrovert juga memiliki beberapa keuntungan atau kelebihan loh! apa aja itu?

Public Speaking yang Bagus

Seorang ekstrovert didefinisikan sebagai orang yang suka berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, seorang ekstrovert memiliki kemampuan public speaking yang baik karena sering berinteraksi dan berdebat dengan banyak orang. Keterampilan berbicara di depan umum adalah salah satu keterampilan yang diperlukan dan dipelajari saat ini.

Kemampuan beradaptasi

Mereka yang berkepribadian ramah pandai beradaptasi karena mereka adalah pembicara yang andal dan moody, dan keterampilan komunikasi memungkinkan mereka beradaptasi dengan baik dengan situasi atau lingkungan baru.

Dia memiliki banyak hubungan

Ya! Seorang ekstrovert harus memiliki banyak hubungan atau kenalan karena ekstrovert rukun dan senang bertemu orang baru. Memiliki banyak relasi yang jelas dapat membantu, misalnya ketika kita membutuhkan bantuan atau dukungan atau ketika kita membutuhkan informasi penting, kita dapat menggunakan hubungan ini tetapi menggunakannya dalam konotasi positif, bukan?

 

AMBIVERT

Tipe kepribadian terakhir yang akan kita bicarakan adalah ambiguity, ambiguity adalah tipe kepribadian yang merupakan campuran antara introvert dan penyendiri, jadi orang yang bingung adalah orang yang fleksibel karena mudah beradaptasi dalam segala situasi, mereka suka interaksi. dan keramaian tetapi juga berada dalam diri mereka sendiri tergantung pada situasi, dan ketika mereka perlu berinteraksi dengan banyak orang, mereka bertindak seperti ekstrovert, tetapi ketika mereka ingin sendiri, mereka dapat bertindak seperti introvert.

Orang dengan kepribadian yang membingungkan sering kali dianggap sebagai orang yang beruntung karena memiliki kelebihan baik tipe kepribadian introvert maupun ekstrovert, membuat orang yang terhubung menjadi kepribadian yang hampir sempurna. Namun, setiap karakter harus memiliki pro dan kontra, begitu juga dengan Amverse. Orang dengan kepribadian misterius adalah orang yang moody, apa yang mereka lakukan tergantung pada suasana hati mereka, selain harus beradaptasi dengan semua situasi dan lingkungan, lingkungan terkadang bisa merasa lelah dan lelah, baik secara mental maupun fisik.

Seperti dua tipe karakter sebelumnya, Ambivert memiliki banyak kelebihan! Apa ini? Mari kita bicara tentang sesuatu…

Pembicara yang baik

Suasana bisa menjadi pembicara yang baik, dan ini cocok untuk kepribadian ekstrovert yang suka berbicara dan berinteraksi dengan banyak orang, dan ini juga terjadi karena lingkungan dapat berempati dengan semua situasi ketika tiba-tiba diperlukan untuk berbicara dengan banyak orang, sehingga Amphiers dapat beradaptasi dengan baik. kecil.

Pendengar yang baik

Ambiverse tidak hanya pembicara yang baik tetapi juga pendengar yang baik, sama seperti introvert. Poin ini merupakan prioritas bagi orang-orang dengan tipe kepribadian Ambivert, karena mereka dapat menjadi pembicara yang baik dan juga pendengar yang baik.

Manajemen diri yang baik

Confounder dapat mengontrol dan mengatur dirinya sendiri dalam segala situasi, dan ini juga merupakan keuntungan dari inversi karena ia dapat mengatur sikapnya sesuai dengan situasi sehingga ia lebih memegang kendali. Orang yang ragu-ragu biasanya membaca situasi terlebih dahulu agar bisa beradaptasi dengan setiap situasi.

 

Dari penjelasan tiga kepribadian tersebut, yang manakah tipe kepribadian kalian? jika ingin mengetahui tipe kepribadian kalian lebih dalam. kalian dapat mengikuti tes MBTI (Myer Briggs Type Indicator), karena tes tersebut bukan hanya didasari pada skala Introvert Maupun Ekstrovert namun menggunakan skala lainnya juga, sehingga kalian dapat mengenal kepribadian kalian lebih dalam lagi, misal apakah kalian seorang ENFJ, ENFP, INFP, INTJ atau tipe kepribadian lainnya, namun yang perlu kalian ketahui ialah hasil dari tes MBTI ini bisa berubah-ubah tergantung pada diri kalian sendiri.