Ciri ciri karya patung zaman prasejarah khususnya zaman batu adalah

Ciri ciri karya patung zaman prasejarah khususnya zaman batu adalah

1. ciri” karya patung zaman prasejarah, khususnya zaman batu adalah …

a. naturalis d. berbentuk manusia & hewan
b. realis e. dekoratif
c. abstrak

2. salah satu fungsi butsir pada proses pembuatan seni rupa tiga dimensi dengan teknik putar adalah …

a. merapikan bodi keramik
b. membentuk kaki
c. membentuk tutup
d. menghaluskan bodi keramik
e. membuat pegangan

3. Seni Keramik memiliki fungsi sebagai…

a. monumen
b. seni rupa murni
c. pemujaan
d. seni rupa terapan
e. menyampaikan pesan moral

 

Jawaban

  1. Karya patung pada zaman prasejarah, khususnya zaman batu memiliki ciri-ciri sebagai berikut D. Berbentuk manusia dan hewan.
  2. Salah satu fungsi butsir pada proses pembuatan seni rupa tiga dimensi dengan teknik putar adalah A. Merapikan bodi keramik.
  3. Seni keramik memiliki fungsi sebagai D. Seni rupa terapan.

 

Pembahasan

Seni keramik adalah seni terapan tiga dimensi yang biasanya disulap menjadi berbagai jenis perabot rumah tangga seperti kaca, piring, Gucci, hiasan dinding, patung dan berbagai perabot lainnya. Pembuatan kerajinan gerabah ini membutuhkan teknik khusus, dimulai dari pengolahan bahan tanah liat dan diakhiri dengan tahap akhir yaitu glasir. Tembikar paling terkenal di dunia berasal dari China, China. Di Indonesia, produsen gerabah terbesar di Jawa Barat berasal dari Prered di Purwakarta dan Kiarakondon Ceramic Center di Bandung. Di wilayah Jawa Tengah terletak di Desa Krampok, Banjar Negara dan sekitarnya Klaten dan Temangun.

Kata keramik sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu keramik/keramos yang berarti panci atau wajan yang terbuat dari tanah liat dan mengalami proses pembakaran.Keramik selalu menekankan fungsinya sebagai benda yang siap pakai dan nyaman. unsur keindahan. Tembikar adalah salah satu kerajinan tertua di bumi yang masih ada sampai sekarang. Bukti ini dapat diperoleh dari penemuan kuno yang terkubur di tanah dalam berbagai bentuk, termasuk Gucci, peralatan makan, minuman, dan sesaji. Selain itu, ditemukan juga peninggalan gerabah kuno berupa manusia dan hewan yang melambangkan simbol peradaban.

BACA JUGA  Tinggi maksimum pengisian air baterai adalah